DKI Jakarta Siaga Hujan Deras Senin Sampai Selasa

BMKG (Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika) menyatakan bahwa tujuh daerah berstatus siaga dan juga berpotensi terkena dampak dari hujan deras hari Senin (24/2) dan Selasa (25/2), termasuk di DKI Jakarta.

DKI Jakarta Waspada Hujan Lebat Senin dan Selasa

“Memang statusnya di wilayah Jawa, terkait kewaspadaan, hampir semuanya siaga, termasuk daerah DKI Jakarta hari ini dan besok. Begitu juga dengan Jawa Tengah dan Jawa Timur,” begitu lah prakiraan BMKG Ida Pramuwardani, Senin (24/2) dilansir dari CNN Indonesia.

Ia kemudian merinci 7 wilayah siaga hujan lebat itu, antara lain Bengkulu, Banten, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera Selatan, DKI Jakarta dan Banten. Sementara itu, lanjutnya, ada lima daerah yang lainnya yang harus mewaspadai hujan lebat yaitu Yogyakarta, Jambi, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, yang berada dalam status waspada hujan lebat.

Namun khusus di Jakarta, wilayah-wilayah yang mana berpotensi terkena dampak hujan deras antara lain adalah Jakarta Barat, yang mencakup area Tamansari, Palmerah, Kembangan, dan Kebon Jeruk. Yang kedua, Jakarta Pusat, yaitu kawasan Tanah Abang, Senen, Sawah Besar, Menteng, Kemayoran, Johar Baru, Gambir, dan Cempaka Putih.

Kemudian yang ketiga adalah daerah Jakarta Selatan, yang mana berpotensi terdampak hujan deras adalah kawasan Tebet, Setia Budi, Pasar Minggu, Pancoran, Pesanggrahan, Mampang Prapatan, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Jagakarsa, dan Cilandak. Keempat, Jakarta Timur yang mana mencakup wilayah Pulogadung, Pasarrebo, Matraman, Makasar, Kramajati, Jatinegara, Duren Sawit, Ciracas, Cipayung, dan Cakung. Untuk Jakarta Utara, mencakup wilayah Tanjung Priok, Pademangan, Koja, Kelapa Gading, Danau Sunter, dan Cilincing.

BMKG juga menyebutkan bahwa dampak hujan deras yang mana harus diwaspadai di antaranya adalah sulitnya berkendara di jalan raya, dan kemungkinan sebagian kelompok masyarakat yang terisolasi, jembatan yang rendah sehingga tak bisa dilintasi serta gangguan penggunaan jalan dikarenakan banjir dan penutupan.

Sehingga BMKG mengimbau supaya masyarakat berhati-hati saat melakukan aktifitas di luar rumah, terus menerus memperbarui informasinya lewat media massa atau pun media sosial dan tak beraktifitas di luar apabila tidak medesak.

“Yang harus diwaspadai adalah hari ini sekitar malam sampai dengan dini hari menjelang pagi karena adanya potensi hujan lebat yang mana disertai dengan angin, petir dan kilat. Potensi itu bertahan sampai menjelang pagi untuk daerah DKI Jakarta,” ucap Ida.

Ruas Jalan Tergenang Air dan Sisa Lumpur Banjir Jakarta

Hujan yang mana mengguyur beberapa daerah togel hongkong 2020 di Jakara bukan saja mengakibatkan genangan airnya di sejumlah ruas jalan di Jakarta, namun juga menyisakan lumpyr. BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) DKI Jakarta menyebutkan bahwa ada 4 ruas jalan yang ada di wilayah Jakarta Selatan yang tergenang air dengan ketinggian yang mencapai 15 sampai dengan 60 cm.

Empat ruas jalan yang dimaksud adalah Jalan Kemang Utara IX, Mampang Prapatan; Jalan Putri, Setiabudi; Jalan Karbela Raya; dan Jalan Satrio, Setiabudi. Sementara itu dari akun @TMCPoldaMetro membagikan beberapa unggahan yang terpantau yaitu di Jalan Rasuna Said yang tepatnya di depan Gedung Lina dengan ketinggian air mencapai 80-100cm, dan kenaikannya terjadi pada jam 04.53 WIB. Selanjutnya, di Jalan Palbatu 3 Menteng Dalam, ketinggian airnya mencapai 50-70 cm, dan naik dari jam 03.24 WIB, lalu di Poncol Gang 1, Kuningan, dengan tinggi 20-50cm dan naik pukul 04.07 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *