Pemprov DKI Ingin Warga Saling Bantu Dengan Program KSBB

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pasalnya menggelar program Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB). Untuk Anda yang belum tahu apakah program itu, program itu adalah inisiatif dari Pemprov yang pasalnya menyadari bahwa sangat amat dibutuhkan kerjasama dari berbagai pihak guna menghadapi pandemi virus Corona ini.

Pemprov Buat KSBB

Lewat Perumahan KSBB itu lah, pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengajak para masyarakat untuk saling meringankan beban dan juga menguatkan. Warga yang mau berbagi bakal dipertemukan dengan warga yang membutuhkan bantuan terlebih lagi pandemi sangat sangat berdampak besar pada beberapa sektor terutama sektor kesehatan dan juga ekonomi. β€œ jadi lewat program ini masyarakat yang mau membantu difasilitasi supaya bantuannya bisa diterima masyarakat ( yang sedang membutuhkan),” ungkap kepala Biro Kerja Sama Daerah Provinsi DKI Jakarta, Andhika Permata.

Dirinya juga menjelaskan bahwa program togel hongkong ini dirancang untuk bisa memudahkan para donatur untuk mencari calon penerima bantuan lewat data terbuka yang mana disediakan oleh Pemprov DKI pada situs corona.jakarta.go.id. Sehingga diharapkan program ini bisa menjadi program yang tepat sasaran dan juga bantuannya tidak akan tumpang tindih.

Menurut Andhika, selain itu juga bantuan yang diakses oleh publik bakal membantu pemerataan distribusinya. Sekarang ini Pemerintah provinsi DKI Jakarta sudah merancang 4 buah program KSBB, yaitu KSBB  UMKM, KSBB Pangan, KSBB Penataan Pemukiman dan juga KSBB Pendidikan.

Ada 4 Program KSBB

KSBB Pangan sudah dimulai sejak bulan April 2020 yang lalu. Dalam program itu donatur bisa memberi bantuan yang berupa makanan siap saji, sembako, paket THR dan juga paket lebaran. Andhika juga menegaskan bahwa kriteria penerima bantuan tidak berbeda dari kriteria penerima bantuan sosial atau Bansos yang diselenggarakan oleh pemerintah DKI selama program PSBB.

Sementara itu KSBB UMKM sendiri membuat program entah Provinsi DKI memberikan fasilitas pelatihan, permodalan, dan juga prasarana supaya para pelaku UMKM bisa kembali beraktifitas lagi dan bisa bertahan di tengah pandemi virus Corona ini lewat pelatihan-pelatihan yang disampaikan secara offline dan online.

Untuk KSBB Pendidikan, pasalnya dirancang untuk membantu para siswa dan juga tenaga pengajar dalam menjalani program PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Dan lewat program yang satu ini Baik tenaga pengajar maupun siswa yang mengalami keterbatasan gawai sehingga itu menjadi halangan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh bisa mendapatkan bantuan berupa Ponsel pintar ataupun tablet untuk para peserta didik dan juga komputer ataupun laptop untuk para pendidik.

Dan yang terakhir adalah KSBB Penataan Pemukiman yang disebut sebagai program yang dapat mempertemukan para donatur yang mau berkontribusi di kawasan kumuh yang ada di DKI Jakarta. KSBB yang satu ini pasalnya berfokus di penyediaan sarana ada juga prasarana pada lingkup Rukun Warga atau RW pada penduduk yang ada di DKI Jakarta. Seperti yang diberitakan sebelumnya Bahwa kebutuhan sarana dan prasarana itu sudah dicatat di dalam community action plan di tahun 2019. 

β€œHal ini memastikan collaborator yang mau berkontribusi baik untuk penghijauan, sanitasi, dan juga sarana di RW padat penduduk supaya bisa memiliki bantuan yang tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” ungkap Andhika lagi. Ia juga menambahkan bahwa ada banyak 224 collaborator yang dipastikan bakal berpartisipasi di Program ini sampai dengan akhir Oktober 2020 dengan pembagian sebagai berikut: 81 kolaborator yang ada di KSBB UMKM,  dan 143 kolaborator di KSBB Pangan.