Ini Lah Kekhawatiran Para Orang Tua Pada Anaknya Di Masa Pandemi

Pandemi covid 19 yang mana berlangsung hampir di sepanjang tahun 2020 ini tidak bisa dipungkiri menciptakan banyak sekali kekhawatiran pada para orang tua. Studi yang terbaru menunjukkan bahwa ada beberapa kekhawatiran terbesar yang datang dari para orang tua pada anaknya di masa pandemi ini.

Studi Tunjukkan Berbagai Kekhawatiran Orang Tua Pada Anak Di Masa Pandemi

Penelitian yang datang dari CS Mott Children’s Hospital ini pasangannya dilakukan dengan cara melakukan jajak pendapat pada 2000 orang tua yang mempunyai anak dengan rentan usia 0-18 tahun. Para orang tua tersebut ditanyain soal kekhawatiran mereka tentang kesehatan dan juga bagaimana tumbuh kembang anak mereka pada masa pandemi ini. Hasilnya adalah kekhawatiran terbesar dari para orang tua berkaitan dengan keselamatan anak memakai Internet dan juga kesehatannya.

Tiga kekhawatiran terbesar dari para orangtua adalah penggunaan media sosial yang berlebihan ataupun Waktu mereka di depan layar, kemudian Apakah di rasa aman untuk menggunakan internet, dan yang terakhir Apakah anak mereka dirundung. Hasil ini kemudian menunjukkan bahwasanya orang tua belum sepenuhnya percaya begitu saja pada kemampuan teknologi.

“itu mengungkapkan banyak hal soal Bagaimana perasaan orang tua yang kewalahan dan bertanya sedikit mereka percaya bahwa semua teknologi dalam kehidupan anak-anak mereka mendukung kesejahteraan mereka,” begitulah ungkap dokter Jenny Radesky dari C.S Mott Children’s Hospital, dilansir dari CNN Indonesia.

Tidak hanya itu saja Bahkan jejak pendapat ini pun mengungkapkan bahwa orangtua khawatir pada kebiasaan makan anak-anaknya dan juga Bagaimana aktivitas fisik yang berkurang selama masa pandemi ini. Kekhawatiran yang lainnya seperti misalnya depresi, rasisme, dan juga resiko bunuh diri pun dialami oleh orang-orang tua. 

“Perhatian paling besar orang tua pada kaum muda nampaknya terkait dengan perubahan gaya hidup akibat pandemi. Covid-19 sudah menjungkirbalikan dunia anak-anak dan remaja kita dalam banyak hal dan ini tercermin dari bagaimana orang tua menilai masalah kesehatan pada tahun 2020,” ungkap peneliti yang bernama gary freed.

Dan kira-kira inilah kekhawatiran terbesar para orang tua pada anaknya selama masa pandemi. Yang pertama adalah penggunaan media sosial ataupun waktu menatap layar (72%).  Yang kedua adalah bullying/ cyber bullying (62%). Selanjutnya soal keamanan internet (62%), yang disusul dengan makan tidak sehat (59%). Selanjutnya orang tua juga khawatir tentang kemungkinan depresi atau bunuh diri (54%), serta kurangnya aktivitas fisik (54%), dan juga stres atau kecemasan (54%). Mereka juga khawatir tentang merokok atau vaping (52%), konsumsi minuman minuman beralkohol ataupun menggunakan narkoba (50%), dan tidak ketinggalan kekhawatiran mereka bahwa anak mereka bisa terinfeksi virus corona (48%). 

Orang tua semakin stres ketika anak kebanyakan menatap layar

Hal ini sejalan dengan studi dari university of arizona yang mengatakan bahwasanya beberapa orang tua mungkin saja percaya untuk meninggalkan anak-anak mereka di rumah dengan duduk nyaman di depan televisi mereka ada juga menggunakan waktu ini untuk melakukan rehat sejenak. Tapi ternyata studi itu juga mengungkapkan bahwa hal ini bisa jadi penyebab keburukan yang lebih banyak daripada kebaikan khususnya untuk para orang tua. Menurut penelitian s7slot tersebut makin banyak anak-anak yang menonton televisi dan juga terpapar iklan tanpa henti-hentinya maka semakin banyak orang tua yang stress. Hal ini disebutkan karena anak-anak menjadi sasaran untuk untuk iklan iklan di tv dikarenakan mereka langsung akan meminta kepada orang tuanya untuk membeli apa saja yang mereka anggap menarik di dalam iklan bahkan tidak hanya di televisi tapi juga di sosial media.